Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis dan Video Editing Tahun 2021

Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis dan Video Editing Tahun 2021



Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis dan Video Editing Tahun 2021
 
Salah satu hal yang perlu dipertimbangan saat akan terjun ke dalam bidang desain grafis adalah spesifikasi laptop atau PC yang akan kamu gunakan. Desain grafis dan Video Editing identik dengan kebutuhan spefikasi komputer yang tinggi, apakah benar demikian ?
 

Dalam hal ini untuk dapat menginstall sebuah program desain maupun program apapun itu tentunya memerlukan persyaratan sistem atau biasa disebut System Requirement yang secara umum kita kenal sebagai spesifikasi sumber daya yang harus dimiliki sebuah sistem komputer agar dapat menjalankan sebuah program aplikasi (software).


Terkadang memang bagi yang belum begitu mengerti mengenai seluk beluk spesifikasi perangkat keras laptop maupun pc untuk kebutuhan desain grafis dan video editing cukup membingungkan dalam menentukannya.


Sebenarnya untuk menentukan spesifikasi laptop atau pc yang ideal untuk keperluan desain grafis dapat dengan mudah kita tentukan dengan melihat atau berpacu pada System Requirement masing-masing software yang akan digunakan.


Software yang umum digunakan untuk desain grafis di dunia sekaligus yang paling populer saat ini adalah Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, CorelDraw, dan lain-lain.


Cara Mengetahui Kebutuhan Spesifikasi Untuk Desain Grafis Yang Ideal


Caranya yaitu dengan menentukan terlebih dahulu software desain grafis apa yang ingin kamu gunakan nantinya, lalu kemudian kunjungi situs perusahaan yang mengeluarkannya untuk mengetahui spesifikasi minimum dan yang direkomendasikan.

Sebagai contoh jika kamu memilih menggunakan Adobe Photoshop terbaru maka spesifikasi saat ini yang dibutuhkan adalah :


Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis dan Video Editing Tahun 2021
Spesifikasi Minimum dan Rekomendasi untuk Windows     
Rekomendasi Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis dan Video Editing Tahun 2021
Spesifikasi Minimum dan Rekomendasi untuk MacOS


Lihat selengkapnya di : Photoshop system requirements


Diatas hanya contoh jika kamu ingin menginstall software Photoshop yang dikeluarkan oleh Adobe yang terkenal memang harus membutuhkan spesifikasi yang cukup 'tinggi' khusunya untuk software versi terbaru yang dikeluarkan olehnya.


Faktanya memang dalam urusan graphic design untuk menjalankan program dan memproses pengolahan gambar berjalan optimal membutuhkan spesifikasi laptop / pc yang mempuni agar cepat terselesaikannya sebuah project yang sedang dikerjakan.

 

Jangan sampai saat ditengah-tengah pengerjaan laptop kamu hang dan program yang sedang dijalankan not responding kemudian force closed. Berdasarkan pengalaman itu cukup menyedihkan hiks :(

 

Maka dari itu Dgrafis.com akan memberikan rekomendasi standart spesifikasi laptop yang dapat digunakan untuk desain grafis dan video editing di penghujung tahun 2020 menuju tahun 2021 ini.


Rekomendasi Spesifikasi Laptop / PC Untuk Desain Grafis dan Video Editing

  

Minimum

  • Processor : Intel® 7th Gen or newer CPU - or AMD Ryzen™ 3000 Series
  • OS: Windows 10 64-bit
  • Ram: 16 GB
  • GPU : 4 GB GPU RAM
  • Storage : SSD 512 GB
  • Monitor :  1080p (Full HD), IPS

Recommended

  • Processor : Intel® 7th Gen or newer CPU – or AMD Ryzen™ 3000 Series
  • OS : Windows 64-bit
  • RAM : 32 GB
  • GPU : 8 GB GPU RAM
  • Storage : SSD 1 TB
  • Monitor : 4K UHD resolution (3840 x 2160 pixels), sRGB, IPS

 

Perlu diingat spesifikasi tersebut tidak selalu menjadi acuan pasti, terkadang kebutuhan software desain grafis berbeda-beda dan akan mengalami peningkatan kebutuhan system requirements sesuai perkembangan fitur yang dihadirkan dimasa yang akan datang.


Tips amannya adalah kamu bisa memilih yang jauh lebih diatasnya sehingga apabila suatu saat nanti software desain grafis yang kamu gunakan memperbaharui fitur-fitur di dalamnya dan membutuhkan spesifikasi yang tinggi tidak menjadi masalah untuk laptop atau pc kamu.


Namun kamu tetap bisa kok mendesain grafis walau seandainya spek komputer kamu 'kentang' dengan menggunakan layanan atau Platform Desain Grafis Online yang bisa menjadi alternatif.


Itulah pembahasan singkat mengenai Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis dan Video Editing Tahun 2021 semoga bisa menjadi pencerahan untuk kita semua. Semoga bermanfaat...

Load comments