4 Hal Dasar Dalam Menggunakan Photoshop Bagi Pemula

4 Hal Dasar Dalam Menggunakan Photoshop Bagi Pemula

Untuk belajar desain grafis dan mengedit foto menggunakan Photoshop khususnya bagi pemula yang sangat penting untuk dipelajari tentunya yang berkaitan dengan dasar-dasar penggunaan software Photoshop itu sendiri.


Seorang yang mahir dalam menggunakan software desain grafis tentunya berawal dari ketidaktahuannya tentang bagaimana cara menggunakannya dan timbul rasa ingin tahu yang tinggi sampai ia bertekad untuk mempelajarinya. 


Dalam mempelajari teknik dasar ini memberikan pemahaman kamu nantinya agar bisa menggunakan tools yang disediakan sesuai dengan kebutuhan secara efektik dengan teknik-teknik yang bisa kamu buat sendiri.


Ketika diawal-awal belajar desain grafis atau editing foto, jangan berfikir dulu untuk membuat manipulasi foto yang keren dan menakjubkan tapi mulailah sesuatu dengan mempelajari dasarnya agar kamu mengerti dengan baik bagaimana cara kerja serta penggunaanya.


Disini Dgrafis.com tidak akan menjabarkan secara rinci dari A-Z karna tentunya dalam penggunaan dan fungsi Photoshop ini sangat banyak sekali, jadi hanya sebatas garis besar serta pengenalan dasarnya saja.



1. Ketahui User Interface (Tampilan)


Yang pertama tentunya ini sangat wajib kamu ketahui, saat membuka software Photoshop tentu kamu melihat tampilan yang mungkin cukup membingungkan karna baru pertama kali membukanya. Tampilan ini biasanya disebut Workspace atau Ruang Kerja.


Di dalam ruang kerja ini merupakan tempat dimana kamu mengedit sebuah gambar atau foto, untuk lebih jelasnya berikut adalah tampilan user interface dari Workspace Photoshop.



Bagi sebagian orang yang pertama kali ingin belajar Photoshop dan tidak ada basic sama sekali sebelumnya dengan software multimedia seperti editing foto melihat tampilannya tentu kebingungan karna lumayan banyak menu yang ditampilkan.


Berikut ini adalah dasar tampilan dari antarmuka Photoshop yang harus diketahui secara garis besarnya :


1. Workspace

Merupakan area kerja atau kanvas tempat dimana kamu akan membuat, meletekan, dan menyusun objek grafis tertentu atau bahasa Indonesianya bisa juga disebut sebagai Kanvas.


2. Menu Bar

Sesuai namanya Menu Bar adalah sekumpulan menu utama yang terletak disisi atas, di menu bar ini kamu dapat menemukan File, Edit, Image, Layer, Type, Select, dan lain-lain.


3. Tools Box

Tools Box adalah sekumpulan alat/fitur utama yang terdapat pada Photoshop, disini kamu bisa memilih dari setiap tools yang tersedia sesuai kegunaanya masing-masing. Contohnya adalah Move Tool yang berada paling atas bisa kamu gunakan untuk memindahkan objek, Marquee Tool untuk menyeleksi objek (kotak, lingkaran), Crop Tool untuk memotong gambar, Type Tool untuk membuat teks, dan lain sebagainya.


4. Option Bar

Option Bar digunakan untuk untuk mengatur pilihan lebih lanjut sesuai dengan Tool yang sedang aktif/digunakan, misalnya kamu sedang menggunakan Type tool maka di option bar kamu bisa mengatur properties jenis font yang digunakan, ukuran font, pengaturan paragraf, dan lain-lain.


5. Panel

Panel merupakan bagian yang didalamnya menampilkan beberapa pilihan seperti Properties, Color Pallete, Layers, Channel, dan lain sebagainya. 



2. Ketahui Fungsi & Kegunaan Tool


Setelah mengetahui bagian-bagian area kerja, sekarang saatnya mencari tahu apasih kegunaan dari setiap Tools yang disediakan pada Tools Box.


(Klik untuk memperbesar)

Setidaknya ada beberapa Tools utama yang ada pada Photoshop, berikut Dgrafis.com sebutkan setiap fungsinya secara garis besarnya (untuk tutorial penggunaannya akan dishare dipostingan yang berbeda secara berkala).

1. Move Tool
Digunakan untuk memindahkan objek

2. Rectangular Marquee Tool
Menyeleksi objek dalam bentuk kotak, lingkaran, garis

3. Lasso Tool
Menyeleksi secara bebas, poligonal, dan magnetic selection

4. Magic Wand Tool
Menyeleksi berdasarkan objek warna yang sama, selain itu juga terdapat quick selection dan object selection tool

5. Crop Tool
Digunakan untuk memotong objek

6. Frame Tool
Digunakan untuk membuat frame berbentuk kotak untuk memasukan objek gambar/foto

7. Eyedropper Tool
Digunakan untuk mengambil sample sebuah warna

8. Spot Healing Brush Tool
Digunakan untuk menghilangkan / menghapus objek di dalam sebuah foto

9. Brush Tool
Digunakan untuk membuat / menggambar stroke

10. Clone Stamp Tool
Digunakan menduplikat sebuah objek tertentu yang sama

11. History Brush Tool
Digunakan untuk mengembalikan objek yang sebelumnya terhapus 

12. Eraser Tool
Digunakan untuk menghapus objek / background

13. Gradient Tool
Digunakan untuk membuat warna gradasi

14. Smudge Tool
Digunakan untuk menggosok atau mencoreng objek foto

15. Dodge Tool
Digunakan untuk membuat area objek foto tertentu menjadi terlihat lebih cerah / terang

16. Pen Tool
Digunakan untuk membuat path atau shape, biasanya dipakai untuk membuat seleksi atau objek gambar (shape)

17. Type Tool
Digunakan untuk membuat Teks

18. Path Selection Tool
Digunakan untuk memilih seluruh path sebuah objek

19. Rectangle Tool
Digunakan untuk membuat objek gambar/shape berbentuk kotak persegi

20. Hand Tool
Digunakan untuk menggeser-geser bagian yang terlihat pada foto

21. Zoom Tool
Digunakan untuk zoom in dan zoom out 

22. Edit Toolbar
Digunakan untuk menyesuaikan atau mengubah posisi toolbar

23. Foreground & Background Color
Digunakan untuk mengatur warna foreground & background


Diatas hanya fitur utama yang secara umum paling sering digunakan untuk mengedit sebuah gambar, di setiap tool tentunya memiliki sub-tool yang berbeda-beda namun fungsinya sama saja. Untuk menguasai tool-tool diatas kamu bisa memulainya dengan mempraktekannya langsung.

Untuk tutorial dasar-dasar menggunakan tool photoshop ini akan Dgrafis.com buatkan bagian khusus pada artikel selanjutnya. Jadi tunggu postingannya ya!


3. Ketahui Shortcut Untuk Mempercepat Kerjamu


Shortcut merupakan kombinasi tombol tertentu pada keyboard yang digunakan untuk mempercepat sebuah fungsi atau perintah saat menggunakan Photoshop. Maka dari itu hal dasar yang cukup penting kamu ketahui dalam menggunakan Photoshop adalah Shortcutnya.

Untuk mengetahui kumpulan shortcut Photoshop kamu bisa melihatnya di menu Edit > Keyboard Shortcut kamu juga bisa menyesuaikannya dengan kombinasi tomnbol yang bisa diatur sesuai keinginan.


4. Ketahui Aturan Menyimpan File Yang Tepat


Setelah selesai mengedit sebuah gambar saatnya menyimpan hasil kerjamu, untuk menyimpan file ini tentunya ada aturan yang harus kamu ketahui, apa saja ?

Pertama, untuk menyimpan file di Photoshop agar bisa diedit kembali kamu harus menyimpannya dalam format dokumen default Photoshop yakni PSD atau EPS. Dengan demikian jika suatu saat nanti masih diperlukan pengeditan kamu masih bisa merubahnya.

Kedua, untuk menyimpan file yang nantinya akan diupload ke sosial media kamu bisa memilih format JPEG atau PNG. Format ini merupakan format akhir yang sudah jadi atau finishing dari gambar yang kamu edit. 

Ketiga, jika kamu berniat untuk mencetak gambar editan kamu seperti spanduk, banner, dan lain-lain pastikan kamu menyimpan (Save as) file tersebut ke format PDF karna file berformat PDF karna memiliki keunggulan yang fleksibel dan tidak merubah output sebuah gambar yang kamu edit.


Penutup

Nah dengan mengetahui 4 Hal Dasar Dalam Menggunakan Photoshop diatas khususnya untuk kamu yang baru belajar semoga bisa dengan mudah memulai belajar photoshop otodidak dan tidak bingung harus memulainya dari mana.

Untuk mahir menggunakan photoshop dengan mempelajarinya sendiri memang tidak mudah, perlu ketekunan dan usaha yang serius terutama dalam hal praktek.

Kamu bisa melihat referensi atau hasil karya orang lain kemudian menerapkan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Demikian, Semoga bermanfaat.