Cara Merawat Kamera Mirrorless Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Kamera Mirrorless Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Kamera Mirrorless Yang Baik dan Benar

Kamera mirrorless merupakan barang atau alat elektronik yang perlu dan wajib banget buat disayang dan dirawat sebaik-baiknya. Bisa make masa ngga bisa ngerawat kan kurang ajar hahaha.

Selain itu, harga kamera juga kan terbilang mahal jadi meluangkan waktu sebentar untuk merawat kamera dengan membersihkannya sudah menjadi kewajiban yang perlu kamu lakukan supaya kamera tetap terjaga kebersihan dan performanya.

Yang paling penting sih, ya supaya bisa tetap awet!

Cara merawat kamera mirrorless sebenarnya sama saja dengan kamera DSLR, ga jauh dari bagaimana merawat dan membersihkan lensa biar ga jamuran, membersihkam kamera dari debu yang nempel, merawat body kamera, dll.

Berikut ini Dgrafis.com bagikan tips untuk merawat kamera berdasarkan pengalaman supaya kamera kamu tetap awet dan ga bulukan pastinya. Aowkwkwk

Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Kamera Mirrorless / DSLR


Yang pertama perlu disiapin tentu seperangkat (cleaning set) alat untuk membersihkan kamera itu sendiri, berikut ini alat-alatnya :

Cleaning kit untuk membersihkan kamera mirrorless atau DSLR

Cleaning set Kamera

1. Kain Microfiber

Kain microfiber ini memiliki serat yang halus sehingga aman untuk mengelap / membersihkan lensa maupun layar LCD kamera.

2. Blower Mini

Blower mini berfungsi untuk meniup debu yang menempel pada sela-sela kamera yang tidak dapat dibersihkan oleh kuas / lenspen.
 
3. Kuas / Lenspen

Untuk membersihkan debu pada body atau bagian luar kamera lainnya.

4. Cairan Pembersih

Cairan khusus untuk membersihan lensa dan LCD kamera dari kotoran yang menempel.


Untuk alat-alat diatas bisa dibeli di marketplace kesayangan masing-masing ya.

Langkah-langkah Membersihkan Kamera

Setelah menyiapkan peralatan diatas, langsung deh bersihin kamera kamu dengan penuh kasih sayang dan lemah lembut dimulai dari :

1. Bersihkan Kaca Lensa

Untuk membersihkan kaca lensa gunakan kain microfiber yang telah disemprotkan dengan cairan pembersih atau cleaning liquid, elap dan elus pelan-pelan kayak ngelus tangan doi hingga terlihat kinclong ya.

Ohya, ga dianjurkan dan kalo bisa jangan menyemprotkan langsung cairan pembersih ke lensa ya.

2. Bersihkan Body Kamera

Lanjut ke body kamera, untuk bagian ini bisa pake blower atau kuas tinggal disemprot-semprot aja dan disapu pake kuas sampe debu yang menempel hilang.

3. Bersihkan Sensor Kamera

Untuk membersihkan sensor kamera mirrorless biasanya ada fitur pada kamera atau Cleaning Mode gunakanlah fitur ini (silakan akses dan cari pada menu sesuai kamera kamu).

Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan manual menggunakan blower pada bagian dalam sekitar sensor kamera, kalau mau tambah bersih pake alat khusus pembersih sensor yang namanya Swab (bukan Swab corona ya).

4. Bersihkan LCD Kamera


Terakhir bersihkan juga LCD kamera dari kotoran debu atau bekas sidik jari pake lap microfiber yang disemprotkan cairan pembersih sama kayak lensa.

Dan selesai deh, kamera kamu harusnya ga bakalan bulukan dan terjaga kebersihannya.

Tips Simpan Kamera Mirrorless / DSLR


Tambahan, untuk cara penyimpanan kamera ga boleh sembarangan ya bisa pake dan disarankan menggunakan dry box lengkap dengan silica gel di dalamnya.

Fungsi dry box dan silica ini agar menjaga kamera tetap pada kelembaban yang baik agar lensa kamu ga kena jamur kalo seandainya disimpan selama berbulan-bulan bahkan sampai tahunan.

Mungkin segini dulu pembahasan mengenai Cara Merawat Kamera Mirrorless nya, semoga kamera kamu bisa jadi tetap awet ya.