Memahami Komposisi Rule of Thirds dalam Fotografi

Memahami Komposisi Rule of Thirds dalam Fotografi

Memahami Komposisi Rule of Thirds dalam Fotografi

Yeay, balik lagi sama Dgrafis.com. Kali ini kita akan belajar dasar fotografi bagian komposisi, sesuai judulnya kali ini kita bakalan belajar memahami apa itu Rule of  Thirds.

Di dalam fotografi khususnya komposisi ini tuh salah satu dari beberapa cara menempatkan objek atau subjek dalam sebuah bingkai (frame) foto yang cukup penting untuk diketahui buat kamu yang lagi belajar motret.

Kalo ngomongin komposisi fotografi itu ada banyak sih, tapi disini kita bakalan belajar yang paling dasar dulu biar ga pusing gitu kan.


Apa itu Rule of Thirds


Rule of Thirds atau dalam bahasa Indonesia Aturan Sepertiga adalah suatu teknik komposisi dalam fotografi untuk menempatkan sebuah objek / subjek yang menjadi point of interest tepat pada titik titik dari pembagian tiga bidang gambar yang sama besar antara horizontal dan vertikal.

Biar lebih ketangkep, lihat gambar dibawah ini deh :

Memahami pengertian rule of thirds dalam fotografi

Nah, dari hasil pembagian bidang gambar horizontal dan vertikal ini menghasilkan 9 kotak dan ada 4 titik yang menjadi panduan untuk menempatkan atau memposisikan objek / subjek yang menjadi POI (Point of Interest) untuk berada di titik tersebut.

Dengan demikian gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih menarik dan tepat menjadi pusat perhatian mata manusia yang melihatnya karna pada titik ini lah yang dilihat pertama kali oleh mata kita.



Image by Susann Mielke via Pixabay



Image by Eyre June B. via Unsplash

Sampai disini seharusnya sudah paham kan apa itu Rule of Thirds, sebetulnya konsepnya sederhana banget kok. Tinggal dipraktekin buat komposisi kayak contoh foto diatas.


Cara Menggunakan Rule of Thirds


Untuk mencoba memotret dengan teknik komposisi rule of thirds ini mudah sekali, kebanyakan kamera dslr / mirrorless bahkan kamera hp sudah ada fitur yang namanya Gridline.

Kamu bisa aktifin fitur ini untuk jadi panduan buat ngepasin posisi objek / subjek di bagian titik titik nya untuk menghasilkan foto yang menarik berdasarkan komposisi rule of thirds.

Ohya, untuk jenis fotonya bisa apa aja ya, orang, benda, pemandangan, atau binatang bisa diterapkan teknik komposisi ini.


Wajib kah Menggunakan Rule of Thirds  ?


Apakah wajib menggunakan teknik rule of thirds untuk setiap foto yang diambil ?

Ngga dong ini tuh 1 dari sekian banyaknya teknik komposisi dalam fotografi (teknik komposisi lainnya in syaa Allah akan dibahas nanti) dan bukan berarti "aturan" yang wajib banget diikutin.

Suka suka kamu aja bisa dan gapapa kok, mau foto bagaimana juga toh fotografi ini mengandalkan kreativitas individu dan selera masing-masing.

Jadi, jangan terlalu kaku ya! Hehe :)

Yaudah mungkin segini dulu ya pembahasan tentang komposisi dasar fotografi Rule of Thirds nya.

Semoga bermanfaat bagi yang belum tau, jika ada yang salah dalam penulisan atau kurang mengerti bisa dibantu koreksi dan hubungi saya di halaman kontak atau DM Instagram : @ds.aprudin