Mengenal White Balance Pada Kamera (Fungsi dan Jenisnya)

Mengenal White Balance Pada Kamera (Fungsi dan Jenisnya)

Mengenal White Balance Pada Kamera (Fungsi dan Manfaatnya)

Baiklah, kali ini Dgrafis.com akan memberikan sedikit informasi lagi mengenai kamera dan dasar fotografi tentang apa itu White Balance.



Bagi yang sedang belajar fotografi maupun videografi pasti pernah mendengar istilah ini, jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia; white balance artinya Keseimbangan Putih.

Namun, jika diartikan seperti itu tentu makna dan pengertian sebenarnya justru membuat kamu bertanya-tanya keseimbangan putih yang dimaksud tuh kayak gimana gitu kan ? 

Mudah-mudahan penjelasan Dgrafis.com dibawah ini bisa dipahami dan dimengerti dengan baik ya.

Pengertian White Balance

Jadi sederhananya white balance itu fitur yang ada pada kamera digital untuk menyesuaikan warna pada gambar menjadi terlihat sebagaimana warna aslinya.

Maksud dari warna aslinya disini adalah warna yang terlihat real, misal warna putih ya akan terlihat putih walau dalam kondisi pencahayaan yang berbeda-beda.

Hubungan White Balance dengan Suhu Cahaya

Sudah disinggung diatas, white balance ini sangat tergantung dengan suhu pencahayaan atau sumber cahaya yang ditangkap oleh kamera.

Cahaya memiliki suhu warna yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik darimana sumber cahaya itu berasal, misalnya cahaya pada lampu pijar berbeda dengan cahaya lampu neon.

Satuan suhu warna ini ditandai dengan huruf K atau Kelvin, contohnya lampu pijar memiliki temperatur 3200K dan lampu neon 4000K.

Daftar suhu cahaya warna dalam skala Kelvin

White Balance Chart (Images : Pinterest)

Dari ilustrasi gambar skala diatas bisa dilihat semakin tinggi angka K maka gambar akan semakin kebiru-biruan yang berarti berwarna dingin dan semakin rendah angka K maka akan berwarna kuning - oranye yang berarti memiliki yang suhu yang hangat.
 
Itu sebabnya, jika kita kurang tepat mengatur WB maka gambar yang dihasilkan akan terlihat kebiru-biruan atau cenderung kekuning-kuningan.


Fungsi White Balance Kamera


Seperti yang sudah dijelaskan diawal pengertian white balance, fungsinya untuk menghasilkan gambar dengan warna yang natural dan akurat khususnya warna putih yang akan terlihat putih walau dalam kondisi pencahayaan yang berubah-ubah (sumber cahaya berbeda).


Jenis Preset White Balance Pada Kamera

Di kamera digital seperti DSLR / Mirrorless entah itu Sony, Nikon, Canon, dll kita sangat dimudahkan dengan adanya settingan WB yang sudah dibuat sebelumnya untuk diaplikasikan sesuai kondisi saat melakukan pengambilan gambar.


1. AWB (Auto White Balance)

Jika menggunakan preset ini kamera akan menyesuaikan dan membaca sumber pencahayaan (temperatur warna) secara otomatis untuk kemudian menerapkannya kedalam hasil gambar.

2. Tungsten

Biasanya disimbolkan dengan lampu bohlam yang biasanya temperatur warna cukup hangat dan berwarna ke kuning-kuningan, jika kamu berada di dalam ruangan dengan sumber cahaya ini Tungsten adalah pilihannya 

3. 
Fluorescent

Kebalikan dari tungsten, Fluorescent ini digunakan untuk sumber cahaya lampu yang berwarna putih atau cenderung ke biru-biruan. Fluorescent biasanya disimbolkan dengan lampu neon.

4. 
Daylight

Sesuai namanya, kamu bisa menggunakannya pada saat siang hari dibawah sinar matahari langsung atau diluar ruangan.


5. Cloudy

Disimbolkan dengan awan biasanya digunakan saat kondisi langit / cuaca awan yang mendung. Selain itu bisa juga digunakan pada saat sunrise atau sunset untuk menambahkan warna orange matahari.


6. Shade

Shade biasanya disombolkan dengan rumah atau pohon yang memiliki bayangan, digunakan saat pemotretan di dalam rumah pada saat siang hari atau di dalam area bayangan seperti bangunan, dibawah pohon, dsb.


7. Flash

Biasanya disimbolkan dengan kilatan petir (flash) dan digunakan saat memang menggunakan lampu kilat atau flash.

*Diatas adalah beberapa preset white balance pada kamera yang umum ditemukan saat ini, nama dan simbol bisa saja berbeda sesuai dengan vendor kamera

Selain menggunakan preset diatas kita juga bisa mengatur dan menyesuaikan secara manual white balance yang ingin digunakan dengan mengatur sendiri nilai Kelvin pada kamera.

Mungkin untuk settingan white balance manual ini akan Dgrafis.com update nanti ya, untuk pembahasannya segini dulu biar ga pusing hahaha.

Ya harapannya, semoga dengan memahami dasar tentang white balance, fungsi, dan jenis-jenisnya ini bisa meningkatkan kemampuan memotret gambar jadi lebih baik lagi.

Jangan lupa baca lagi hal-hal dasar kamera seperti Segitiga Exposure kalo emang masih belum paham tentang konsepnya ya soalnya ini tuh dasar banget dan penting banget sih buat dipelajarin.