Cara Menjadikan Shutter Sebagai Tombol Rekam di Kamera Sony A6400

Cara Menjadikan Shutter Sebagai Tombol Rekam di Kamera Sony A6400

Cara Menjadikan Shutter Sebagai Tombol Rekam di Kamera Sony A6400

A6400 adalah sebuah kamera Mirrorless yang dikeluarkan oleh Sony pada awal tahun 2019, kamera ini terbilang masih cukup muda pada pertengahan tahun 2021 ini.

Kamera dengan autofocus hybrid dengan 425 titik fase serta pendeteksi wajah dan mata yang sangat cepat ini memiliki sensor APS-C 24,2 megapiksel dengan mesin pemproses gambar Exmor CMOS BionZ X.

Dibekali layar LCD yang dapat di flip keatas menghadap ke wajah (selfie) menurut Dgrafis sangat cocok untuk yang gemar membuat vlog memegang kamera sendiri maupun jenis vlog lain yang membutuhkan kamera ringkas.

Itu hanya sedikit dari spesifikasi Sony A6400 ini, mungkin akan Dgrafis bahas di artikel khusus yang membahas ulasannya nanti ya.

Berbicara mengenai  membuat video di kamera Sony A6400 berdasarkan pengalaman Dgrafis sebagai pengguna ILCE-6400 ini ada sedikit yang kurang saat ingin memulai melakukan proses merekam, yakni kecilnya Movie Button atau tombol rekam pada kamera Sony A6400.

Tombol merekam video di kamera sony a6400


Entah ini menjadi masalah atau tidak bagi pengguna lain yang menggunakan A6400, tapi yang jelas Dgrafis merasakan kurang begitu nyaman saat menekan tombol yang kecil dan posisinya juga kurang "strategis".



Cara Menjadikan Shutter Sebagai Tombol Rekam Video di Kamera Sony A6400

Meski demikian, sebagai pengguna yang memiliki kebebasan untuk mengatur cara kerja kamera yang kita miliki, tentu Sony selaku produsen sudah sangat Profesional dalam membangun sistem "algoritma" kamera untuk beroperasi.

Movie w/ shutter


Di kamera A6400 atau dikamera Mirroless Sony Alpha lainnya kita dapat menjadikan tombol Shutter sebagai tombol untuk mulai merekam dan menghentikan rekaman.

Cara setting :

Masuk ke Menu > Camera 2 > Movie w/ shutter

1. Menu > Camera 2 > Movie w/ shutter

Kemudian ubah Movie w/shutter dari Off menjadi On untuk mengaktifkan fitur Shutter menjadi tombol rekam

2. ubah dari Off menjadi On


Movie w/shutter sudah dalam keadaan on


Dan selesai, sekarang tombol Shutter kamera Sony A6400 sudah bisa digunakan untuk tombol mulai merekam video.

Dengan Movie w/ shutter ini tentu memudahkan kita untuk melakukan perekaman karna tombol Shutter jauh lebih besar  dan mudah untuk ditekan.

Semoga bermanfaat.