3 Cara Dasar Supaya Background Foto Jadi Bokeh

3 Cara Dasar Supaya Background Foto Jadi Bokeh

3 Cara Dasar Supaya Background Foto Jadi Bokeh

Teruntuk kamu yang sedang belajar motret yuk belajar gimana caranya biar hasil gambar atau foto kamu jadi bokeh supaya terlihat tambah menarik.

Pasti sering kan liat hasil foto yang subjek / objek nya fokus tapi backgroundnya itu ngeblur-ngeblur gitu, nah itu sering juga disebutnya bokeh.

Untuk mendapatkan hasil foto yang seperti itu gampang banget kok cara dan tekniknya, berikut ini Dgrafis.com jelaskan secara sederhana dan singkat bagaimana menghasilkan background foto yang bokeh.

 

1. Pake Aperture Terbesar

Settingan kamera untuk mendapatkan hasil foto berlatar belakang bokeh kunci pertama ada pada bukaan lensa atau Aperture, jika belum tau apa itu Aperture silakan lihat artikel tentang Segitiga Exposure yang sebelumnya sudah Dgrafis publish.

Gunakan atau setting bukaan lensa ke nilai yang paling kecil misal f/1.8, f/2.8, dan seterusnya, ingat bukaan terbesar berarti nilai f-nomor yang paling kecil yang ada pada lensa kamera kamu.


2. Mainkan Focal Length

Focal length lensa ini gampangnya panjang pendek atau luas sempitnya ruang yang tertangkap dikamera yang ditandai dalam satuan mm (milimeter).

Pasti sering dong liat lensa yang ada tulisan 35mm, 50mm, 70mm dan semacamnya gitu, nah itu Focal Length lensa namanya.

Buat ngehasilin foto yang bokeh selain ngatur aperture ke bukaan terbesar, kamu juga bisa nih pake teknik focal length dengan zoom in (panjangin FL nya).

Tapi wajib pake lensa yang bisa ngezoom in atau jenis Zoom Lens yang bisa diubah-ubah rentang fokuanya ya, lensa zoom ini biasanya ada tanda tulisan 18-108mm yang artinya lensa bisa diatur panjang pendek FL nya dari 18 sampai 108mm.

Jadi misal, kamu udah atur aperturenya ke yang paling besar yang ada di kamera itu maksimal f4, nah buat ngakalin supaya backgroundnya tambah bokeh ya tinggal dimainin FL nya dipanjangin (zoom in) ke subjek / objek sampe backgroundnya keliatan bokeh.


3. Pemilihan Lensa Fix atau Tele

Nah ini bisa jadi cara atau solusi alternatif biar hasil foto kamu tambah bokeh se bokeh bokehnya. Masih ada kaitannya dengan teknik nomor 1 dan 2 sebelumnya, terkait focal length dan aperture.

Untuk dapat menghasilkan foto yang bokeh kita bisa menggunakan lensa fix yang memiliki focal length cukup panjang dan bukaan yang lebih besar tentunya.

Misalnya lensa fix dengan FL 55mm dan bukaan F/1.8 bisa menghasilkan foto yang benar-benar bokeh.

Selain itu juga, untuk yang suka memotret jarak jauh bisa menggunakan Lensa Tele yang punya focal length lebih panjang dari lensa fix/prime.

Misal, 50-150mm, 70-300mm, 100-300mm, dan seterusnya.

Biasanya dipakai buat foto dari jarak jauh dengan mengedepankan objek / subjek yang difoto tetap terlihat dekat dan sempit sehingga bakalan auto bokeh deh.

Biasanya sih dipake buat foto dokumentasi kegiatan olahraga (sepakbola), candid, atau human interest juga sangat cocok.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan buat hasil foto kamu makin bokeh. Jangan lupa dipraktekin ya biar tau sendiri hasilnya.

Semoga bermanfaat.