Mengenal Komposisi Framing Dalam Fotografi Beserta Contohnya

Mengenal Komposisi Framing Dalam Fotografi Beserta Contohnya

Jaredd Craig via Unsplash

Dalam teknik pengambilan gambar pada fotografi kita tentu mengetahui ada sebuah komposisi dasar yang bermacam-macam, salah satunya komposisi Framing.

Sebenarnya apasih yang dimaksud komposisi framing dalam fotografi itu ?


Disini Dgrafis akan sedikit mengulas tentang komposisi framing pada fotografi beserta contoh foto, maksud dan tujuan yang ingin ditonjolkan.


Apa itu Komposisi Framing ?

Framing adalah salah satu komposisi dasar fotografi dengan menempatkan subjek / objek utama atau yang biasa disebut Point of Interest (POI) ke dalam sebuah elemen-elemen yang ada disekitar subjek / objek yang membentuk seperti bingkai (frame).

Elemen ini antara lain bisa benda seperti bangunan, terowongan, jendela, pintu, pepohonan, dan lain sebagainya.

Contoh komposisi Framing pada fotografi, lokasi : Parung Bogor

Komposisi Framing


Contoh Teknik Framing


Berikut ini adalah contoh pengambilan gambar dengan komposisi framing pada fotografi  :



 
Contoh foto komposisi framing - 1

Image by Nicolo Mandelli via Unsplash

Contoh foto komposisi framing - 2

Image by Sinitta Leunen via Unsplash

Contoh foto komposisi framing - 3

Image by Jeffrey Grospe via Unsplash


Dari beberapa foto framing diatas tidak berarti elemen atau benda disekitar membentuk sebuah persegi empat atau persegi tiga sebagaimana bentuk bingkai ya, jadi sifatnya bisa dibilang "Imajiner".


Maksud dan Tujuan Framing


Setiap komposisi fotografi tentu memiliki maksud dan tujuan, pada komposisi framing ini tujuan dan maksudnya adalah untuk memberikan dan mengarahkan fokus mata kita tertuju ke subjek / objek utama pada sebuah bingkai yang menjadi pembatas.

Selain menambah nilai estetika sebuah foto, dengan komposisi framing sebagai fotografer kita juga bisa lebih menonjolkan subjek / objek dengan menutupi objek-objek lain yang ada disekitar.

Maka dari itu, untuk menerapkan komposisi ini kita harus jeli dalam melihat keadaan sekitar dan terutama benda-benda yang ada untuk menciptakan foto framing yang menarik.